Pamor Tosan Aji dan Meracik Minyak Pusaka

Beberapa Pamor Khas Tosan Aji:
1. Pamor Wirasat
adlh sebutan u/ sebagian gambaran pamor yg tampak lbh dominan & berbeda dr seluruh pola yg ada di permukaanbilah. Wirasat berarti isyarat , disebut demikian krn pamor tsb dianggap sbg isyarat tertentu dari dunia gaib. Keris seperti ini bnyk disukai krn memancarkan guwaya dan dianggap memiliki khasiat tertentu.
2. Pamor Munggul
adalah sebagian pamor dgn permukaan mencuat pd permukaan bilah. Biasanya berwarna lebih putih drpd warna pamor sekelilingnya, keris berpamor munggul bnyk disukai konon krn dianggap dpt mendatangkan sifat positif sehingga pemiliknya memiliki berbagai kelebihan.
3. Pamor Angka Wiyat
yaitu pamor mengkilap keperak-perakan terutama yg berada tepat pd permukaan bilah keris sehingga disebut pula sbg pamor perak ataupun pamor akhodiyat
4.Pamor Mbuntel Mayit
adlh pamor yg menyambung dr satu sisi bilah hingga ke sisi sebaliknya, melilit sepanjang tubuh bilah keris seperti bungkusan mayat, keris berpamor seperti ini tidak disukai krn dianggap dapat mendatangkan malapetaka & kesengsaraan.
5.Pamor Khudung Mayit
adalah lapisan pamor yang menutupi ujung keris shg berkesan seperti khudung(tutup kepala) keris seperti ini tidak disukai karena dianggap dpt menghalangi tercapainya cita-cita pemiliknya.
6.Pamor Pegat Waja
adalah lapisan pamor yg tidak sepenuhnya menempel atau renggang dari baja intinya, keris seperti ini juga kurang disukai karena dipercaya dpt menimbulkan perceraian atau sengketa.

Cara aman & mudah meramu minyak untuk merawat keris :
Bagi yg memiliki keris biasanya bingung ada tidaknya perawatan untuk mingguan dan bulanan, tapi saya menyarankan untuk melakukan perawatan ini.


Ada 2 macam minyak untuk perawatan ini
*Mingguan : Minyak putih yang memakai wangi - wangian.cendana + melati asli, jadi berbau soft dan membuat konsentrasi penuh saat duduk bersama atau meditasi.
*Bulanan : Minyak putih murni. Minyak putih khusus yang di pesan dan di buat sangat cair seperti air mencegah timbulnya karat /korosi pada bilah maka tidak lengket sehingga cepat untuk mutih bilah keris,larut apabila terkena air dan tidak menimbulkan bau. Apabila dicampur dengan minyak cendana atau melati benar - benar hanya berbau itu.

Berbeda dengan minyak putih lainnya(contoh singger) mempunyai bau sehingga bila di campur wangi wangian akan berbau aneh..menimbulkan lengket pada bilah keris, sehingga waktu pemutihan bilah menjadi sangat lama merendamnya dikarenakan lengket.

Campuran minyak keris dengan bau yang keras memberi kesan sakral, dan ini bersifat umum yang dipakai kebanyakan orang karena mudah didapat, minyak itu campuran minyak Jafaron dan minyak Misik.

Bila ingi meracik minyak sendiri ada resep khusus,Siapkan :
1. Minyak Parafin 60cc
2. Bibit Cendana Wangi (sandalwood) 25cc
3. Bibit Misik (musk) 10cc
4. Bibit Melati 5cc
Campurkan hingga totalnya menjadi 100cc, minyak seperti ini sangat cocok untuk melindungi tosan aji, selain aman juga memiliki harum yang ideal.

Minyak parafin adalah minyak hasil olahan pabrik yg kadar airnya sgt kecil, misalnya minyak u/ mesin jahit atau minyak u/ senjata api, kadar air dr minyak ini sekitar 0,02% jd sulit u/ menimbulkan karat di tosan aji, sedangkan bibit maksudnya minyak yg msh asli tidak dicampur parfum karena parfum dapat menimbulkan karat pada tosan aji.

Selamat mencoba

sumber: kerises.multiply.com/kaskus.us/